Kamis, 19 Januari 2017

[Tutorial] Membuat halaman web menggunakan HTML dalam waktu singkat

Berjumpa lagi sahabat framework..
Sesuai dengan postingan yang kemarin, kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial sederhana yaitu "Membuat halaman web menggunakan dalam waktu singkat". Jadi, hari ini kita akan berlajar tentang HTML dulu. Namun, sebelum kita membuat sebuah halaman web sederhana dengan HTML kita terlebih dahulu menyiapkan peralatanya terlebih dahulu. 

Logo HTML5

Yang pertama, kita membutuhkan yang namanya text editor . Text editor adalah tempat untuk menuliskan kode HTML kita. Di internet, sudah banyak aplikasi text editor yang dapat digunakan, Dari yang gratis sampai yang berbayar. Namun, karena kita baru akan mempelajari tentang HTML, maka saya sarankan menggunakan Notepad++ .

Dibawah ini adalah tampilan dari Notepad++


Oke, lanjut yang kedua, kita membutuhkan sebuah Browser. Browser / Penjelajah Intrenet adalah sebuah alat untuk menjelajah internet. Untuk menjalankan sebuah file HTML, Kita membutuhkan sebuah browser karena file HTML hanya dapat berjalan di browser. Untuk browser ini, terserah anda ingin menggunakan browser apa saja. Karena browser sekarang sudah support dengan versi HTML terbaru.

Oke, langsung saja menuju ke TKP ...

1. Buka dulu aplikasi Notepad++ nya
Cara membuka aplikasi adalah dengan cara tekan tombol WINDOWS + R -> Lalu ketikkan nama notepad++ -> tekan enter. Setelah itu, aplikasi notepad++ nya akan terbuka dan siap digunakan.


2. Copy kode yang ada dibawah ini

3. Pastekan kode diatas ke Aplikasi Notepad++
Jika kita mempastekan kode diatas, maka tampilan kodenya akan nampak seperti dibawah ini
4. Save / Simpan
Cara menyimpan kode yang ada di notepad++ tadi, dapat menekan tombol ctrl + s , lalu beri nama file tadi dengan nama index.html . ingat, bahwa file HTML berekstensi .html . Ilustrasinya dibawah ini.

 5. Jalankan file HTML tadi
Cara menjalankanya cukup mudah, yaitu dengan cara double click file HTML tadi dan akan secara otomatis akan berjalan di browser. Atau bisa dengan cara klik kanan file HTML tadi, lalu pilih menu open with dan pilih browser yang akan digunakan. File HTML tadi akan nampak seperti gambar dibawah ini.
Dari sini kita sudah bisa menggambarkan tentang bagaimana caranya kita dapat membuat sebuah halaman web sederhana menggunakan HTML. Ini adalah latihan dalam mempelajari bahasa pemrograman web. saya dulu juga seperti ini saat pertama kali mempelajari bahasa pemrograman web dan hanya diberi materi tentang HTML saja.


Terima kasih kalian telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Di artikel selanjutnya, kita akan belajar tentang Apa saja sih bagian - bagian dari HTML itu?.


Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.. :)

0 komentar:

Posting Komentar