Minggu, 22 Januari 2017

[Perkenalan] Apa saja sih isi dari HTML?

Halo sahabat framework...
Sesuai dengan artikel kemarin, kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang "Bagian - bagian dari HTML". Dari kemarin, kita sudah berkenalan dengan Apa sih HTML dan CSS itu? dan kita sudah belajar Membuat halaman web sederhana menggunakan HTML dalam waktu singkat.  Nah, kali ini, saya akan memperkenalkan kepada kalian Apa saja sih bagian- bagian HTML itu?.


Oke langsung saja dari yang pertama...
1. Tag
Tag adalah elemen dari HTML itu sendiri. Jika file HTML di jalankan makan tag ini tidak akan ditampilkan di layar monitor kalian. Karena tag ini digunakan untuk membuat isi dari file HTML jadi tidak akan ditampilkan namun akan keluar hasilnya sesuai dengan fungsi tag tadi. contoh, saat kita menggunakan tag <b> text ini cuma contoh </b>, maka tag tersebut tidak akan ditampilkan namun  tulisan yang berada di antara tag <b> tadi akan berubah menjadi tebal / bold karena fungsi tag <b> adalah untuk menebalkan huruf.

Tag dinyatakan dalam bentuk pasangan. jadi tag ini mempunyai awalan dan mempunyai akhiran seperti tag <b> diatas, tag awalnya adalah <b> sedangkan tag akhirnya adalah </b> . namun ada beberapa tag di HTML tidak terdapat tag akhirnya seperti tag <input> ( untuk membuat form ) dan tag <br> ( untuk berpindah satu baris di bawah tag lain ).

kalian dapat melihat kode HTML di bawah ini
Jika dilihat sekasama, kode diatas berisi tag -  tag dari HTML yang mana nantinya semua tag diatas tidak akan ditampilkan yang ditampilkan cuma konten yang berada diantara tag - tag yang ada di HTML tadi. Jika kode diatas dijalankan maka akan menjadi seperti yang ada dibawah ini .

2. Komentar
Komentar berfungsi sebagai catatan atau pengingat. contoh, saat kita membuat sebuah kode HTML dan kita menyisipkan komentar didalamnya yang berisi fungsi dari kode HTML tersebut maka jika kita lupa fungsi dari kode HTML yang kita buat tadi, maka komentar ini akan mengingatkan kita apa fungsi dari kode yang kita buat tadi. sama dengan tag, komentar ini juga salah satu dari tag yang mana penulisanya seperti ini <!-- ini komentar --> , di awali dengan <!-- dan diakhiri dengan -->. Kalian dapat melihat contoh dari tag komentar di kode HTML di atas.


Dari sini kita sudah mengetahui bahwa HTML hanya berisi tag dan komentar saja. namun, Tag dalam html ini mempunyai fungsi yang cukup penting dalam pembuatan file HTML karena setiap tag mempunyai fungsinya masing - masing. Di artikel selanjutnya, kita akan belajar tentang tag HTML. Sampai jumpa ... :)
 

0 komentar:

Posting Komentar