Senin, 30 Januari 2017

[Review] W3CSS - Modern CSS Framework

Halo sahabat framework ...
Kali ini kita tidak akan belajar tentang tag di HTML tapi kali ini saya akan meriview sebuah framework css. Framework css adalah sebuah kerangka kerja CSS yang mana memudahkan para web designer untuk membuat sebuah website dengan cepat dan responsive tentunya. Biasanya, fitur dalam framewor css adalah untuk membuat sebuah website menjadi responsive. 



Kali ini framework yang akan kita ulas adalah W3CSS. W3CSS adalah sebuah framework css yang diciptakan oleh W3Schools ( w3schools.com ) . Jika kita ingin menggunakan framework ini kalian dapat mendownloadnya langsung di website w3schools ( w3schools.com ). Di dalam W3CSS , terdapat fitur yang memungkinkan untuk membuat website yang responsive dan memiliki tampilan material seperti google MDL.

Fitur dan kelebihan yang terdapat dalam W3CSS antara lain:
  • Faster ( Cepat )
  • Responsive ( Dapat menyesuaikan dengan ukuran layar )
  • Modern ( Memiliki tampilan modern )
  • CSS Starndart Only ( Hanya menggunakan CSS Standar yang sekarang dipakai yaitu CSS3 )
  • Dapat membuat berbagai properti website ( seperti membuat button, input, slider, carousel, tooltip, modal dan lain - lain )
  • Ringan ( Ukurannya bahkan tidak sampai 1 mb )
  • Tampilan modern ( Terinspirasi dari Google MDL )
Cara menggunakan W3CSS seperti dibawah ini ~>

1. Download dulu filenya
Sesudah kalian membuka website w3schools , kalian pilih saja menu di sidebarnya yang bertuliskan w3css. lalu, kalian scroll ke bawah lalu cari tulisan w3css download. setelah kalian mengklik link tersebut kalian akan dialihkan ke halaman downloadnya. di halaman downloadnya terdapat sebuah link ( https://www.w3schools.com/lib/w3.css ) kalian klik saja link tersebut dan akan muncul source kode dari w3css.
Kalian copy saja kode tersebut dengan cara tekan CTRL + A lalu CTRL + C . Setelah itu kalian pastekan ke text editor seperti gambar dibawah ini ~>
lalu save ke folder kalian dengan cara tekan CTRL + S lalu ketikkan nama w3.css

Setelah kalian mendapatkan filenya , kalian dapat men-include-nya ke file HTML kalian seperti dibawah ini ~>
Oke, cukup sekian untuk hari ini. diartikel selanjutnya kita akan membahas lagi tentang w3css ini dan tentang tag HTML juga. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi ... :)


0 komentar:

Posting Komentar