Rabu, 18 Januari 2017

[Perkenalan] Apa sih HTML dan CSS itu?

Halo sahabat framework...
Ini adalah post pertama di blog ini dan kali ini kita akan membahas tentang dasar dari sebuah website yaitu HTML dan salah satu temanya  yaitu CSS. Mungkin, jika kalian yang masuk jurusan TKJ ( Teknik Komputer dan Jaringan ) atau RPL ( Rekayasa Perangkat Lunak ) pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama HTML dan CSS. HTML dan CSS adalah salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman untuk web.



Yang pertama, kita akan berkenalan terlebih dahulu tentang "Apa sih HTML itu?". Kata HTML sendiri adalah sebuah singkat yang mana kepanjangaanya adalah "HyperText Markup Language". Jadi, HTML adalah sebuah bahasa pemrograman dasar untuk membuat sebuah halaman web. Bisa dibilang, bahwa HTML adalah dasar / kerangka untuk membuat sebuah halaman website. Jadi, jika saat kalian sedang mencari artikel di internet, semua halaman artikel tersebut dasarnya adalah HTML dan halaman yang sedang kalian baca ini dasarnya / kerangkanya juga adalah HTML. Versi dari HTML sekarang sudah mencapai versi ke lima yaitu HTML5.

Dibawah ini adalah contoh penulisan bahasa pemrograman HTML


Namun, kita tidak bisa membuat halaman web hanya dengan HTML saja. Karena, jika kita membuat halaman web dengan HTML saja, tampilanya cuma itu - itu doang dan tidak ada variasinya. dan karena sebab itulah adanya bahasa pemrograman untuk memperindah tampilan web tersebut, yaitu CSS ( Cascading Style Sheet ).

Jadi "Apa sih CSS itu?". CSS adalah sebuah bahasa pemrograman yang mana digunakan untuk menghias sebuah tampilan halaman web. jadi halaman webnya nggak terlihat monoton atau kaku. jika kita menggunakan CSS, kita dapat merubah warna font/huruf, warna latar belakang halaman web, memformat penulisan dan lain - lain. Versi dari CSS sekarang sudah mencapai versi ke tiga yaitu CSS3.

Dibawah ini adalah contoh penulisan bahasa pemrograman CSS

Oke, mungkin itu saja untuk pengenalan singkat tentang "Apa sih HTML itu?" dan "Apa sih CSS itu?". Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Diartikel saya selanjutnya, saya akan membahas tentang Cara membuat halaman web sederhana menggunakan HTML. Lho kenapa kok HTML saja, kenapa nggak sekalian CSS nya saja. Ini karena untuk mempermudah belajar tentang HTML.
Oke, See you next time.. :)

0 komentar:

Posting Komentar