Senin, 23 Januari 2017

[Perkenalan] Apa sih Tag HTML itu?

Halo sahabat Framework...
Seperti yang saya katakan di artikel kemarin, kali ini kita akan belajar tentang yang namanya TAG. Tag yang saya maksud bukan tag yang seperti di facebook lho ya. Tag, adalah sebuah elemen HTML yang mana fungsinya untuk membangun isi dari HTML tersebut. Penulisan tag adalah berbentuk pasangan. yang dimaksud pasangan, penulisanya diawali dengan tag awal dan diakhiri dengan tag akhir.


Contohnya bisa dillihat dibawah ini ...

Bisa dilihat dari kode diatas, perbedaan dari tag awal dan tag akhir. Tag awal penulisan nama tagnya diantara simbol < dan > sedangkan tag akhir penulisan nama tagnya diantara simbol </ dan > ( untuk tag akhir, penulisanya ditambahkan simbo ' / ' setelah < .

Sampai sini kalian sudah mempunyai gambaran apa itu tag dan bagaimana cara penulisanya di HTML. di artikel sebelumnya, kita sudah membahas bagaimana cara membuat sebuah file HTML sederhana. Nah, jika kalian memperhatikan, pasti kalian sudah tahu bagaimana penulisan struktur dari HTML tersebut. Sistem penulisan HTML diawali oleh tag <html> dan diakhiri dengan tag </html>.

Dan di dalam tag <html> ini lah yang akan berisi konten dan isi dari file HTML. seperti contoh di bawah ini...

Bisa dilihat dari contoh diatas, bahwa diantara tag HTML masih ada tag lagi dan begitu juga seterusnya. Di dalam kode HTML diatas, pasti kalian memperhatikan bahwa ada dua pasangan tag setelah tag HTML. yap benar, kedua pasangan tag tersebut adalah tag <head> ... </head> dan tag <body> ... </body> . dikedua pasang tag inilah konten dari file HTML kalian akan ditampilkan. Tapi, ada perbedaan dari kedua tag tadi. Perbedaanya bisa dilihat dibawah ini.

1. Tag <head> ... </head>
Tag <head> berisi informasi tentang file HTML kalian seperti meta (informasi dari file HTML) dan judul dari file HTML kalian. tag <head> penulisanya adalah <head> ... </head>. informasi yang berada di tag <head> tidaj akan ditampilkan atau dimunculkan di browser kalian kecuali tag <title> ... </title> yang berada diantara tag <head>. tag <title> berfungsi untuk memberikan judul pada file HTML kalian.

tag <title> akan muncul di tab browser kalian ( tab browser berada diatas kotak untuk memasukkan url / alamat website dan berfungsi untuk menampilkan judul dari sebuah file HTML ). Mungkin kalian bingung jika saya jelaskan seperti ini,untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat kode dibawah ini...

Bisa dilihat diatas , bahwa tag <head> hanya berisi informasi tentang file HTML buka konten yang akan ditampilkan di Browser kalian. 

2. Tag <body> ... </body>
Tag <body> berisi konten yang akan ditampilkan di browser kalian seperti teks, gambar, audio, video, maps dan lain - lain. Jika kalian melihat kode source artikel blog ini dengan cara menekan tombol CTRL + U , kalian pasti menemukan bahwa konten yang ada diantara tag body ini ditampilkan dibrowser, seperti artikel yang kalian baca ini. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat kode dibawah ini...


Dari sini kita sudah mempunyai gambaran dari apa itu yang dinamakan TAG. Tag di HTML mempunyai fungsinya masing - masing seperti untuk membuat Heading , membuat paragraph, membuat link, memunculkan gambar, membuat form input dan lain - lain. Di artikel selanjutnya kita masih akan membicarakan seputar tag dan tag yang akan dibahas selanjutnya adalah tag heading.

Jika kalian mempunyai pertanyaan tentang HTML, CSS dan Framework CSS kalian bisa add facebook saya disini atau kalian bisa langsung berkomentar di kolom komentar. Sampai jumpa :)

0 komentar:

Posting Komentar